Tanya veronika asisten virtual adalah
seorang asisten virtual telkomsel yang diberi tugas oleh sistem untuk membantu pelanggan
mengecek sisa kuota, menukar Telkomsel POIN, menemukan lokasi GraPARI
terdekat, membeli paket, dan informasi lain seputar layanan dan produk dari
telkomsel. Tanya veronika asisten virtual merupakan sebuah
produk layanan digital (digital service) yang dibuat menggunakan sistem
artificial intelligence berbasis chatting yang dapat diakses secara online
melalui akun resmi di situs Telkomsel, WhatsApp, LINE, Telegram, aplikasi
MyTelkomsel, dan Facebook Messenger.
Tidak hanya ditemui di pusat-pusat kota saja tentunya, tetapi kini kantor
pelayanan Telkomsel telah tersebar sampai pelosok kecamatan dan desa. Kita
mengenal tiga kantor pelayanan Telkomsel diantaranya adalah GraPARI, GeraiHALO
dan Plasa GraPARI.
GraPARI
GraPARI adalah singkatan dari Graha Pari Sraya, berasal dari bahasa
sansekerta, diberikan sebagai tanda penghargaan atas diresmikannya kantor
pelayanan Telkomsel di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), nama grapari
diberikan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X untuk nama kantor pelayanan
Telkomsel. Sejak diberikan nama oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X itulah
seluruh kantor pelayanan Telkomsel ditetapkan menggunakan nama GraPARI
Telkomsel.
Selain sebagai kantor pelayanan pelanggan sebagai fokusnya, di GraPARI juga
tersedia dan melayani penjualan produk telkomsel sendiri yaitu kartu
Halo dan Simpati, akan tetapi GraPARI tidak menjual perangkat HP (telepon
seluler). Kecuali jika ada paket produk Telkomsel beserta perangkatnya dan
kebijaksanaan tertentu grapari menjual dalam bentuk bundling paket, hal ini
pun grapari tidak selalu melakukan. Sehingga jika ada pelanggan yang ingin
membeli perangkat telepon seluler terpisah dari produk Telkomsel maka GraPARI
akan menyarankan untuk mendapatkan pada dealer resmi, outlet eksklusif, maupun
ritel yang telah bekerja sama dengan Telkomsel.
Karena ada diantara pelanggan di seluruh Indonesia tersebut hanya tahu bahwa
untuk mendapatkan kartu Halo dan Simpati harus ke kantor Telkomsel, maka
GraPARI juga menjual dan memasarkan kartu Halo maupun Simpati untuk
mempermudah masyarakat memperoleh produk Telkomsel. Bahwa sebenarnya kartu
Halo dan Simpati juga dapat di peroleh di dealer resmi, outlet ekslusifmereka
belum mengetahui itu. Dengan adanya GraPARI ini menjadi salah satu alternatif
kemudahan untuk memperoleh dan menutupi pangsa pasar yang tidak tertampung
oleh saluran distribusi Telkomsel lainnya.
Pelanggan yang datang ke GraPARI untuk mendapatkan kartu Halo maupun Simpati
bukan hanya pelanggan perseorangan atau individual tetapi juga dealer resmi,
outlet ekslusif dan juga ritel. Jenis pemesanan yang dilakukan oleh pihak
saluran distribusi tentunya berbeda dalam hal prosedurdan pembayaran.
Plasa GraPARI
Saat ini terdapat daerah-daerah yang tidak terjangkau oleh pelayanan Telkomsel
yaitu kota-kota kecil diluar jangkauan GraPARI dan GeraiHALO. Untuk
meningkatkan jangkauan pelayanan tersebut telah dilakukan kerjasama antara PT.
Telkomsel dengan PT. Telkom sebagai induk perusahaan untuk memberikan
pelayanan Telkomsel di Plasa Telkom yang sudah ada di seluruh Indonesia.
Konsep kerja sama ini merupakan solusi yang jauh lebih efektif untuk
daerah-daerah yang selama ini belum terpenuhi. Dengan tetap memberikan
kualiatas dan kuantitas pelayanan sebagaimana GraPARI dan GeraiHALO.
GeraiHALO
Saat ini terdapat daerah-daerah yang tidak terjangkau oleh pelayanan Telkomsel
yaitu daerah yang berada di pinggiran kota terutama diluar pulau jawa. Hal ini
disebabkan oleh keterbatasan maupun GraPARI untuk mengisi kekosongan pelayanan
tersebut walaupun telah diusahkan sebagai peningkatan jangkauan GraPARI
(terutama karena permasalahan SDM).
Untuk meningkatkan jangkauan penjuaalan dan atau pelayanan, telah dilakukan penjajakan metode alternatif franchishing atau waralaba untuk memperluas jaringan pelayanan Telkomsel. Konsep franchshising merupakan solusi yang sangat efektif karena jauh lebih cepat untuk daerah-daerah yang selama ini belom terpenuhi.
Franchishing didefinisikan sebagai ketentuan penjualan dan pelayanan pelanggan dengan menggunakan sumber daya-sumber daya pihak ketiga dan merek atau cap serta standar Telkomsel. GeraiHALO adalah GraPARI dalam skala yang lebih kecil dengan fungsi yang identik dengan GraPARI (yaitu penjualan dan pelayanan pelanggan) yang dimiliki oleh dealer Telkomsel (outsourcing).
Dengan diimplementsikan konsep franchising ini diharapkan Telkomsel dapat memperbaiki jangkauan penjualan dan pelayan pelanggan dengan biaya yang efektif untuk daerah-daerah yang selama ini belum terlanyani.
Untuk meningkatkan jangkauan penjuaalan dan atau pelayanan, telah dilakukan penjajakan metode alternatif franchishing atau waralaba untuk memperluas jaringan pelayanan Telkomsel. Konsep franchshising merupakan solusi yang sangat efektif karena jauh lebih cepat untuk daerah-daerah yang selama ini belom terpenuhi.
Franchishing didefinisikan sebagai ketentuan penjualan dan pelayanan pelanggan dengan menggunakan sumber daya-sumber daya pihak ketiga dan merek atau cap serta standar Telkomsel. GeraiHALO adalah GraPARI dalam skala yang lebih kecil dengan fungsi yang identik dengan GraPARI (yaitu penjualan dan pelayanan pelanggan) yang dimiliki oleh dealer Telkomsel (outsourcing).
Dengan diimplementsikan konsep franchising ini diharapkan Telkomsel dapat memperbaiki jangkauan penjualan dan pelayan pelanggan dengan biaya yang efektif untuk daerah-daerah yang selama ini belum terlanyani.
Tanya Veronika Asisten Virtual
Tanya veronika asisten virtual adalah sebuah sistem aplikasi komputer
yang dirancang dengan algoritma jaringan syaraf tiruan dan kecerdasan buatan
digunakan secara virtual sebagai asisten virtual telkomsel untuk melaksanakan komunikasi dua
arah kepada pelanggan dan memberikan informasi yang tepat dan akurat kepada
pelanggan melalui platform perpesanan (messenger), dan mampu melaksanakan
tugas-tugas mengeksekusi sebuah perintah input seperti mengecek sisa kuota,
menukar Telkomsel POIN, menemukan lokasi GraPARI terdekat, membeli paket, dan
informasi lain seputar layanan dan produk dari telkomsel.
Seluruh pelanggan kecuali pelanggan kartu Halo corporate dan nomor tambahan
dapat menggunakan layanan tanya veronika telkomsel sebagai asisten virtual.
Fungsi dan Fitur Dasar Tanya Veronika Asisten Virtual
Beberapa fungsi dan fitur dasar adalah seperti tabel sebagai berikut :
Fungsi Dasar Telkomsel Veronika | |
---|---|
Fungsi Dasar | Keterangan |
Capability System Asisten Virtual Telkomsel | Memberikan Informasi kepada pelanggan terkait layanan yang tersedia di Asisten Virtual Telkomsel |
Informasi GraPARI |
|
Reservasi Antrian Online GraPARI | Melakukan pemesanan nomor antrian untuk GraPARI |
Info Paket Aktif & Panduan Berlangganan | Memberikan Informasi kepada pelanggan terkait paket apa yang sedang aktif atau berlangganan |
Info Voucher | Memberikan Informasi kepada pelanggan terkait terkait voucher yang berlaku (periode aktif, denom voucher) |
Cek Sisa Pulsa | Memberikan Informasi kepada pelanggan terkait untuk pelanggan prabayar terkait sisa pulsa dan masa aktif |
Cek Kuota Paket | Memberikan Informasi kepada pelanggan terkait jumlah kuota paket data, SMS, voice |
Paket Utama | Memberikan Informasi kepada pelanggan terkait paket utama yang dikatifkan pelanggan |
Info Syarat & Ketentuan Paket | Memberikan Informasi kepada pelanggan terkait syarat dan ketentuan masing-masing paket |
Paket Tersedia |
Memberikan Informasi kepada pelanggan terkait paket apa yang tersedia |
Paket Unggulan | Memberikan Informasi kepada pelanggan terkait paket yang direkomendasikan untuk pelanggan |
Beli/Berlangganan Paket | Pelanggan dapat melakukan pembelian atau belangganan paket |
Cara Upgrade 4G | Memberikan Informasi kepada pelanggan terkait cara upgrade 4G dan lokasi untuk 4G |
Panduan Konfigurasi | Panduan pelanggan terkait pengaturan perangkat (refresh jaringan, pengaturan APN) dan panduan pelanggan ketika mengalami permasalahan jaringan/sinyal, internet dan SMS |
Tagihan Berjalan | Memberikan Informasi kepada pelanggan terkait untuk pelanggan pascabayar terkait tagihan berjalan |
Info Tagihan | Memberikan Informasi kepada pelanggan terkait terkait tagihan (status tagihan bulan terakhir, jumlah tagihan, batas akhir pembayaran) |
PIN T-Care | Memberikan Informasi kepada pelanggan terkait berapa PIN T-Care pelanggan |
PUK | Memberikan Informasi kepada pelanggan terkait berapa PUK pelanggan |
Histori Pembayaran & Pembelian Pulsa | Memberikan Informasi kepada pelanggan terkait riwayat pembayaran KartuHALO 3 bulan terakhir dan riwayat isi ulang pelanggan prepaid |
Membeli Pulsa | Pelanggan dapat melakukan pembelian pulsa |
Bayar Tagihan kartuHalo | Pelanggan dapat melakukan pembayaran tagihan pascabayar |
Memberikan Informasi kepada pelanggan terkait T-Cash | Memberikan Informasi kepada pelanggan terkait terkait TCASH (FAQ, promo, merchant, pemesanan sticker TCASH TAP) |
Cek Telkomsel POIN | Memberikan Informasi kepada pelanggan terkait jumlah TelkomselPOIN |
Penukaran TelkomselPOIN | Melakukan penukaran TelkomselPOIN sesuai dengan promo yang tersedia |
Kontak Live Agent | Tersambung langsung dengan agent customer care Telkomsel melalui channel LINE, Telegram dan Facebook Messenger |
Lokasi Reseller/M Kios | Memberikan Informasi kepada pelanggan terkait lokasi terdekat Reseller atau M Kios |
Katalog Promosi | Memberikan Informasi kepada pelanggan terkait promo apa yang sedang berlangsung disertai dengan layanan aktivasi paket promo |
Small Talk | Fitur untuk menghibur pelanggan dengan beberapa kategori hiburan |
Thanks for reading: Teknologi Tanya Veronika Asisten Virtual Bisa Lewat Chat | Harga Hollow Galvanis
0 komentar