Teknologi Tanya Veronika Asisten Virtual Bisa Lewat Chat

3/16/2021
Tanya veronika asisten virtual adalah seorang asisten virtual telkomsel yang diberi tugas oleh sistem untuk membantu pelanggan mengecek sisa kuota, menukar Telkomsel POIN, menemukan lokasi GraPARI terdekat, membeli paket, dan informasi lain seputar layanan dan produk dari telkomsel. Tanya veronika asisten virtual merupakan sebuah produk layanan digital (digital service) yang dibuat menggunakan sistem artificial intelligence berbasis chatting yang dapat diakses secara online melalui akun resmi di situs Telkomsel, WhatsApp, LINE, Telegram, aplikasi MyTelkomsel, dan Facebook Messenger.

 
Tidak hanya ditemui di pusat-pusat kota saja tentunya, tetapi kini kantor pelayanan Telkomsel telah tersebar sampai pelosok kecamatan dan desa. Kita mengenal tiga kantor pelayanan Telkomsel diantaranya adalah GraPARI, GeraiHALO dan Plasa GraPARI.

GraPARI 

GraPARI adalah singkatan dari Graha Pari Sraya, berasal dari bahasa sansekerta, diberikan sebagai tanda penghargaan atas diresmikannya kantor pelayanan Telkomsel di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), nama grapari diberikan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X untuk nama kantor pelayanan Telkomsel. Sejak diberikan nama oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X itulah seluruh kantor pelayanan Telkomsel ditetapkan menggunakan nama GraPARI Telkomsel.

Logo Telkomsel
Selain sebagai kantor pelayanan pelanggan sebagai fokusnya, di GraPARI juga tersedia dan melayani  penjualan produk telkomsel sendiri yaitu kartu Halo dan Simpati, akan tetapi GraPARI tidak menjual perangkat HP (telepon seluler). Kecuali jika ada paket produk Telkomsel beserta perangkatnya dan kebijaksanaan tertentu grapari menjual dalam bentuk bundling paket, hal ini pun grapari tidak selalu melakukan. Sehingga jika ada pelanggan yang ingin membeli perangkat telepon seluler terpisah dari produk Telkomsel maka GraPARI akan menyarankan untuk mendapatkan pada dealer resmi, outlet eksklusif, maupun ritel yang telah bekerja sama dengan Telkomsel.

Karena ada diantara pelanggan di seluruh Indonesia tersebut hanya tahu bahwa untuk mendapatkan kartu Halo dan Simpati harus ke kantor Telkomsel, maka GraPARI juga menjual dan memasarkan kartu Halo maupun Simpati untuk mempermudah masyarakat memperoleh produk Telkomsel. Bahwa sebenarnya kartu Halo dan Simpati juga dapat di peroleh di dealer resmi, outlet ekslusifmereka belum mengetahui itu. Dengan adanya GraPARI ini menjadi salah satu alternatif kemudahan untuk memperoleh dan menutupi pangsa pasar yang tidak tertampung oleh saluran distribusi Telkomsel lainnya.

Pelanggan yang datang ke GraPARI untuk mendapatkan kartu Halo maupun Simpati bukan hanya pelanggan perseorangan atau individual tetapi juga dealer resmi, outlet ekslusif dan juga ritel. Jenis pemesanan yang dilakukan oleh pihak saluran distribusi tentunya berbeda dalam hal prosedurdan pembayaran.

Plasa GraPARI

Saat ini terdapat daerah-daerah yang tidak terjangkau oleh pelayanan Telkomsel yaitu kota-kota kecil diluar jangkauan GraPARI dan GeraiHALO. Untuk meningkatkan jangkauan pelayanan tersebut telah dilakukan kerjasama antara PT. Telkomsel dengan PT. Telkom sebagai induk perusahaan untuk memberikan pelayanan Telkomsel di Plasa Telkom yang sudah ada di seluruh Indonesia. Konsep kerja sama ini merupakan solusi yang jauh lebih efektif untuk daerah-daerah yang selama ini belum terpenuhi. Dengan tetap memberikan kualiatas dan kuantitas pelayanan sebagaimana GraPARI dan GeraiHALO.

GeraiHALO

Saat ini terdapat daerah-daerah yang tidak terjangkau oleh pelayanan Telkomsel yaitu daerah yang berada di pinggiran kota terutama diluar pulau jawa. Hal ini disebabkan oleh keterbatasan maupun GraPARI untuk mengisi kekosongan pelayanan tersebut walaupun telah diusahkan sebagai peningkatan jangkauan GraPARI (terutama karena permasalahan SDM).

Untuk meningkatkan jangkauan penjuaalan dan atau pelayanan, telah dilakukan penjajakan metode alternatif franchishing atau waralaba untuk memperluas jaringan pelayanan Telkomsel. Konsep franchshising merupakan solusi yang sangat efektif karena jauh lebih cepat untuk daerah-daerah yang selama ini belom terpenuhi.

Franchishing didefinisikan sebagai ketentuan penjualan dan pelayanan pelanggan dengan menggunakan sumber daya-sumber daya pihak ketiga dan merek atau cap serta standar Telkomsel. GeraiHALO adalah GraPARI dalam skala yang lebih kecil dengan fungsi yang identik dengan GraPARI (yaitu penjualan dan pelayanan pelanggan) yang dimiliki oleh dealer Telkomsel (outsourcing).

Dengan diimplementsikan konsep franchising ini diharapkan Telkomsel dapat memperbaiki jangkauan penjualan dan pelayan pelanggan dengan biaya yang efektif untuk daerah-daerah yang selama ini belum terlanyani.

Tanya Veronika Asisten Virtual

Tanya veronika asisten virtual adalah sebuah sistem aplikasi komputer yang dirancang dengan algoritma jaringan syaraf tiruan dan kecerdasan buatan digunakan secara virtual sebagai asisten virtual telkomsel untuk melaksanakan komunikasi dua arah kepada pelanggan dan memberikan informasi yang tepat dan akurat kepada pelanggan melalui platform perpesanan (messenger), dan mampu melaksanakan tugas-tugas mengeksekusi sebuah perintah input seperti mengecek sisa kuota, menukar Telkomsel POIN, menemukan lokasi GraPARI terdekat, membeli paket, dan informasi lain seputar layanan dan produk dari telkomsel.

Seluruh pelanggan kecuali pelanggan kartu Halo corporate dan nomor tambahan dapat menggunakan layanan tanya veronika telkomsel sebagai asisten virtual.

Fungsi dan Fitur Dasar Tanya Veronika Asisten Virtual

Beberapa fungsi dan fitur dasar adalah seperti tabel sebagai berikut :
 
Fungsi Dasar Telkomsel Veronika
Fungsi Dasar Keterangan
Capability System Asisten Virtual Telkomsel Memberikan Informasi kepada pelanggan terkait layanan yang tersedia di Asisten Virtual Telkomsel
Informasi GraPARI
  1. Memberikan Informasi kepada pelanggan terkait alamat dan jam operasional GraPARI
  2. Informasi Lokasi GraPARI terdekat dengan pelanggan
Reservasi Antrian Online GraPARI Melakukan pemesanan nomor antrian untuk GraPARI
Info Paket Aktif & Panduan Berlangganan Memberikan Informasi kepada pelanggan terkait paket apa yang sedang aktif atau berlangganan
Info Voucher Memberikan Informasi kepada pelanggan terkait terkait voucher yang berlaku (periode aktif, denom voucher)
Cek Sisa Pulsa Memberikan Informasi kepada pelanggan terkait untuk pelanggan prabayar terkait sisa pulsa dan masa aktif
Cek Kuota Paket Memberikan Informasi kepada pelanggan terkait jumlah kuota paket data, SMS, voice
Paket Utama Memberikan Informasi kepada pelanggan terkait paket utama yang dikatifkan pelanggan
Info Syarat & Ketentuan Paket Memberikan Informasi kepada pelanggan terkait syarat dan ketentuan masing-masing paket
Paket Tersedia
Memberikan Informasi kepada pelanggan terkait paket apa yang tersedia
Paket Unggulan Memberikan Informasi kepada pelanggan terkait paket yang direkomendasikan untuk pelanggan
Beli/Berlangganan Paket Pelanggan dapat melakukan pembelian atau belangganan paket
Cara Upgrade 4G Memberikan Informasi kepada pelanggan terkait cara upgrade 4G dan lokasi untuk 4G
Panduan Konfigurasi Panduan pelanggan terkait pengaturan perangkat (refresh jaringan, pengaturan APN) dan panduan pelanggan ketika mengalami permasalahan jaringan/sinyal, internet dan SMS
Tagihan Berjalan Memberikan Informasi kepada pelanggan terkait untuk pelanggan pascabayar terkait tagihan berjalan
Info Tagihan Memberikan Informasi kepada pelanggan terkait terkait tagihan (status tagihan bulan terakhir, jumlah tagihan, batas akhir pembayaran)
PIN T-Care Memberikan Informasi kepada pelanggan terkait berapa PIN T-Care pelanggan
PUK Memberikan Informasi kepada pelanggan terkait berapa PUK pelanggan
Histori Pembayaran & Pembelian Pulsa Memberikan Informasi kepada pelanggan terkait riwayat pembayaran KartuHALO 3 bulan terakhir dan riwayat isi ulang pelanggan prepaid
Membeli Pulsa Pelanggan dapat melakukan pembelian pulsa
Bayar Tagihan kartuHalo Pelanggan dapat melakukan pembayaran tagihan pascabayar
Memberikan Informasi kepada pelanggan terkait T-Cash Memberikan Informasi kepada pelanggan terkait terkait TCASH (FAQ, promo, merchant, pemesanan sticker TCASH TAP)
Cek Telkomsel POIN Memberikan Informasi kepada pelanggan terkait jumlah TelkomselPOIN
Penukaran TelkomselPOIN Melakukan penukaran TelkomselPOIN sesuai dengan promo yang tersedia
Kontak Live Agent Tersambung langsung dengan agent customer care Telkomsel melalui channel LINE, Telegram dan Facebook Messenger
Lokasi Reseller/M Kios Memberikan Informasi kepada pelanggan terkait lokasi terdekat Reseller atau M Kios
Katalog Promosi Memberikan Informasi kepada pelanggan terkait promo apa yang sedang berlangsung disertai dengan layanan aktivasi paket promo
Small Talk Fitur untuk menghibur pelanggan dengan beberapa kategori hiburan


Thanks for reading: Teknologi Tanya Veronika Asisten Virtual Bisa Lewat Chat | Harga Hollow Galvanis

0 komentar